Dermaiza, Dermaiza and Mukhni, Mukhni and Fazri, Zuzano (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
27.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa serta kurangnya pemahaman konsep matematis siswa. Untuk mengatasi hal ini maka diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing apakah lebih baik dari pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing pada kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu VIII1 sampai VIII4. Sampel diambil secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata. Kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VIII2 dan Kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VIII1. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran konvensional pada ii kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa setelah perlakuan diberikan. Jenis data penelitian ini adalah adalah data kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu bersumber dari kuis dan tes akhir dari kelas sampel dan sumber data sekunder, yaitu bersumber dari tata usaha SMP Pertiwi 1 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes akhir
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23294 |
Actions (login required)
View Item |