Rika, Yulianti and Mukhni, Mukhni and Khairudin, Khairudin (2015) Penerapan Metode Quantum Teaching dengan Kerangka TANDUR dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bayang Utara. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
26a.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Bayang Utara disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa kurang memahami materi dengan baik, masih ada siswa yang tidak serius mengikuti pembelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mau bertanya kepada guru tentang materi yang dipelajari, sehingga kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dalam menjalankan proses pembelajaran. Oleh sebab itu, guru dituntut mampu menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satu caranya adalah penerapan metode Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bayang Utara yang pembelajarannya menerapkan metode Quantun Teaching dengan kerangka TANDUR lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana aktivitas siswa selama menerapkan metode Quantum Teaching dengan kerangka TANDUR dalam pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bayang Utara?”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode Quantum Teaching dengan kerangka TANDUR lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bayang Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bayang Utara tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak, yaitu kelas IX1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX2 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan tes diperoleh data hasil belajar matematika siswa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Ternyata dari analisis data didapat harga thitung = 3,376 dan ttabel = 1,6785, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95% yaitu hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode Quantum Teaching dengan kerangka TANDUR lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bayang Utara. Peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan metode Quantum Teaching dengan kerangka TANDUR sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23295 |
Actions (login required)
View Item |