Rahmadeni, Rahmadeni and Mukhni, Mukhni and Fazri, Zuzano (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
25.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Padang, diantaranya saat proses pembelajaran matematika berlangsung interaksi dua arah antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa masih kurang, siswa masih malu bertanya dan mengemukakan pendapat, kemampuan siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari masih rendah, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa kurang memahami materi dengan baik, dan masih ada siswa yang tidak serius mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memahami materi yang dipelajari, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar matematika dan menguji apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Padang lebih baik, jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII SMPN 13 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMPN 13Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, tepilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel, diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan rumus ′. Dari hasil analisis diperoleh ′=2,98 dan ttabel= 1,699, karena ′> ttabel maka hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas VIII SMPN 13Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:02 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23296 |
Actions (login required)
View Item |