Penerapan Pembelajaran Inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Hulu Kuantan

Rohima, Rohima and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Pembelajaran Inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Hulu Kuantan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
31.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Hulu Kuantan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa, kurangnya respon siswa untuk menanggapi pertanyaan guru, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya dan kurangnya keinginan siswa untuk berdiskusi dengan teman dalam proses pembelajaran. Selain itu soal-soal latihan yang diberikan guru merupakan soal rutin sehingga tidak memotivasi siswa untuk berpikir kritis. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Hulu Kuantan tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Hulu Kuantan. Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa XI.IPA SMA Negeri 1 Hulu Kuantan tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh sehingga terpilih kelas XI.IPA2 sebanyak 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA1 sebanyak 21 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa tes uraian dan dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 05:04
Last Modified: 04 Nov 2024 05:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item