Penerapan Model Missouri Mathematics Project Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang

Okta, Via Putri and Mukhni, Mukhni and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Model Missouri Mathematics Project Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
32.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang, diantaranya adalah pembelajaran matematika masih berlangsung satu arah yaitu dari guru ke siswa, siswa kurang aktif dan kurang serius dalam menanggapi materi yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mampu mengomunikasikan idenya atau mempresentasikan masalah tersebut kedalam masalah matematis sehingga membuat siswa malu bertanya walaupun ada materi yang belum dimengerti. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar siswa tidak hanya menerima dan siswa juga dapat mengomunikasikan idenya atau mempresentasikan masalah tersebut kedalam bahasa matematis adalah dengan memberikan pembelajaran secara bertahap, yang dimulai dengan review, pengembangan, latihan terkontrol, seatwork dan penutup. Adapun model pembelajaran yang sesuai dengan ciri-ciri diatas adalah model Missouri Mathematics Project. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar matematika dan menguji apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Missouri Mathematics Project lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Hipotesis dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Padang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak delapan kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata, dari delapan kelas dipilih dua kelas sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:56
Last Modified: 04 Nov 2024 04:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item