Nita, Lofa Sofia and NINIWATI, NINIWATI and Fazri, Zuzano (2015) Penerapan Strategi Aktif Tipe Giving Questions and Getting Answer dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 23 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
33.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya nilai ujian akhir semester 2 matematika siswa kelas VII yang naik ke kelas VIII pada tahun pelajaran 2013/2014 di SMPN 23 Padang yaitu proses pembelajaran masih ada yang terpusat pada guru, rendahnya respon yang diberikan siswa secara kuantitas maupun kualitas, siswa sering lupa terhadap materi pelajaran sebelumnya dan perlengkapan belajar siswa masih kurang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi aktif tipe giving questions and getting answer. Melalui strategi ini, siswa dapat belajar lebih aktif dan tidak mudah lupa lagi terhadap materi yang telah dipelajari karena siswa diminta meninjau hal-hal yang belum dipahami maupun hal-hal yang sudah dipahami pada kertas merah dan kuning dengan cara menanyakan dan menjelaskannya dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas. Dalam penerapan strategi ini penulis menggunakan handout untuk membantu perlengkapan belajar siswa sehingga tidak ada lagi alasan bagi siswa untuk tidak belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi aktif tipe giving questions and getting answer lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi aktif tipe giving questions and getting answer lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 23 Padang. Sesuai dengan tujuan dan hipotesis penelitian maka, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 23 Padang tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 04:54 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 04:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23316 |
Actions (login required)
View Item |