MAYSYAROH, MAYSYAROH and Edrizon, Edrizon and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Metode Inkuiri pada Pembelajaran Matem atika Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
34.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarsiswa yang merupakanakibatdarirendahnyakemampuansiswadalammemahamikonsepdalampelaja ranmatematika, kurangnyainteraksi guru dengansiswadansiswacenderungpasifdalambelajar.Olehkarnaitupenelitimenerapkanm etodeinkuiri yang mengarahkanpesertadidikuntukdapatberfikirdanberperanaktifdalam proses pembelajaransertamengalamisendiripengalamanbelajarnyasehinggapembelajaranmenj adilebihmenarikdanbermaknabagisiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujiapakahhasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanmetodeinkuirilebihbaikdarihasilbelajarmatemtikasiswa yang pembelajarannyadenganpembelajaranbiasadalampembelajaranmatematikasiswakelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Hipotesisdalampenelitianadalahhasilbelajarmatematikasiswapembelajarannyamenera pkanmetodeinkuirilebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswapembelajaranbiasadalam pembelajaranmatematikasiswakelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Jenispenelitianiniadalaheksperimen. Populasiadalahsiswakelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang yang terdiridari 6 kelas. Sampel yang dipilihdaripopulasi yang berdistribusi normal danhomogen. UntukpengambilansampeldilakukandenganteknikRandom Sampling, terpilihkelas VIII6dengan 30 siswasebagaikelaskontroldan VIII2dengan 30 siswasebagaikelaseksperimen. Ujihipotesishasilbelajarsiswadianalisdenganmenggunakanuji- t. Hasilpengujianhipotesissetelahdilakukanpengolahan data diperolehthitung = 2,22danttabel= 1,6697 padatingkatkepercayaan 95%, sehinggathitung >ttabel. Dengandemikian, hipotesis yang diajukanditerimayaituhasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanmetodeinkuirile bihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajaranbiasapadasiswakelasVIII SMP Kartika 1-7 Padang. Sebagai saran penulis agar guru ataupembacadapatmenerapkanmetodeinkuiripadapembelajaranmatematikasebagaisala hsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 04:50 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 04:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23317 |
Actions (login required)
View Item |