Penerapan Metode Inkuiri pada Pembelajaran Matem atika Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang

MAYSYAROH, MAYSYAROH and Edrizon, Edrizon and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Metode Inkuiri pada Pembelajaran Matem atika Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarsiswa yang merupakanakibatdarirendahnyakemampuansiswadalammemahamikonsepdalampelaja ranmatematika, kurangnyainteraksi guru dengansiswadansiswacenderungpasifdalambelajar.Olehkarnaitupenelitimenerapkanm etodeinkuiri yang mengarahkanpesertadidikuntukdapatberfikirdanberperanaktifdalam proses pembelajaransertamengalamisendiripengalamanbelajarnyasehinggapembelajaranmenj adilebihmenarikdanbermaknabagisiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujiapakahhasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanmetodeinkuirilebihbaikdarihasilbelajarmatemtikasiswa yang pembelajarannyadenganpembelajaranbiasadalampembelajaranmatematikasiswakelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Hipotesisdalampenelitianadalahhasilbelajarmatematikasiswapembelajarannyamenera pkanmetodeinkuirilebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswapembelajaranbiasadalam pembelajaranmatematikasiswakelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang. Jenispenelitianiniadalaheksperimen. Populasiadalahsiswakelas VIII SMP Kartika 1-7 Padang yang terdiridari 6 kelas. Sampel yang dipilihdaripopulasi yang berdistribusi normal danhomogen. UntukpengambilansampeldilakukandenganteknikRandom Sampling, terpilihkelas VIII6dengan 30 siswasebagaikelaskontroldan VIII2dengan 30 siswasebagaikelaseksperimen. Ujihipotesishasilbelajarsiswadianalisdenganmenggunakanuji- t. Hasilpengujianhipotesissetelahdilakukanpengolahan data diperolehthitung = 2,22danttabel= 1,6697 padatingkatkepercayaan 95%, sehinggathitung >ttabel. Dengandemikian, hipotesis yang diajukanditerimayaituhasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanmetodeinkuirile bihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajaranbiasapadasiswakelasVIII SMP Kartika 1-7 Padang. Sebagai saran penulis agar guru ataupembacadapatmenerapkanmetodeinkuiripadapembelajaranmatematikasebagaisala hsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:50
Last Modified: 04 Nov 2024 04:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item View Item