RISKA, KENEDY and Zulfa, Amrina and Puspa, Amelia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP N 2 JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
35.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangiolehkurangnyapemahamanmatematikasiswa yang merupakanakibatdarikurangnya rasa keingintahuansiswaterhadapmaterikarenapembelajaran yang kurangmenarikdankurangnyapartisipasisiswadalampembelajaran.Hal initerlihatketika guru menerangkanadasebagiansiswa yang sibukdengantemannya, melamun, danpergikeluarkelastanpasepengetahuangurunya.Kondisi yang demikianmenyebabkankurangnyapemahamankonsepsiswa yang dapatdilihatdarihasilbelajarsiswa yang rendah, untukmengatasihalitumakaditerapkan model pembelajaraninquirydenganpendekatanrealistic mathematic education.Tujuandaripenelitianini adalah untukmeningkatkanpemahamankonsepmatematissiswadenganmenggunakanmodel pembelajaraninquirydenganpendekatanrealistic mathematic educationpadasiswakelas VII SMP N JunjungSirihKabupatenSoloktahunpelajaran 2014/2015. Pertanyaanpenelitianini adalah “bagaimanaperkembanganpemahamankonsepmatematissiswakelas VII SMP N 2 JunjungSirihKabupatenSolokselamamenerapkan model pembelajaraninquirydenganpendekatanrealistic mathematic education?”.Hipotesispenelitianadalah pemahamankonsepmatematissiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajaraninquiry denganpendekatanrealistic mathematic educationlebihbaikdaripemahamankonsepmatematissiswa yang menerapkanpembelajaranbiasapadasiswakelas VII SMP N 2 JunjungSirihKabupatenSolok. Jenispenelitianini adalah penelitianeksperimen.Populasipenelitian adalah siswakelas VII SMP N 2 JunjungSirihKabupatenSolok yang terdaftarpadatahunpelajaran 2014/2015 yang terdiridariduakelas.Untukpengambilansampeldilakukandenganteknik random samplingsetelahdilakukanujinormalitas, ujihomogenitaspopulasidanujikesamaan ratarata.Siswakelas VII2dengan 20 orang terpilihsebagaikelaseksperimendansiswakelas VII1dengan 20 orang terpilihsebagaikelaskontrol.Variabelbebasdalampenelitianini adalah perlakuan yang diberikanpadakelassampelpenelitianyaitupenerapan model pembelajaraninquirydenganpendekatan RME padakelaseksperimendanpembelajaran yang menerapkanpembelajaranbiasapadakelaskontrol.Variabelterikatdalampenelitianini adalah pemahamankonsepmatematissiswa yang setelahperlakuandiberikan.Ujihipotesishasilakhirmatematikasiswadianalisisdenganme nggunakanuji t.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:57 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23318 |
Actions (login required)
View Item |