PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP N 2 JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK

RISKA, KENEDY and Zulfa, Amrina and Puspa, Amelia (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP N 2 JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
35.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehkurangnyapemahamanmatematikasiswa yang merupakanakibatdarikurangnya rasa keingintahuansiswaterhadapmaterikarenapembelajaran yang kurangmenarikdankurangnyapartisipasisiswadalampembelajaran.Hal initerlihatketika guru menerangkanadasebagiansiswa yang sibukdengantemannya, melamun, danpergikeluarkelastanpasepengetahuangurunya.Kondisi yang demikianmenyebabkankurangnyapemahamankonsepsiswa yang dapatdilihatdarihasilbelajarsiswa yang rendah, untukmengatasihalitumakaditerapkan model pembelajaraninquirydenganpendekatanrealistic mathematic education.Tujuandaripenelitianini adalah untukmeningkatkanpemahamankonsepmatematissiswadenganmenggunakanmodel pembelajaraninquirydenganpendekatanrealistic mathematic educationpadasiswakelas VII SMP N JunjungSirihKabupatenSoloktahunpelajaran 2014/2015. Pertanyaanpenelitianini adalah “bagaimanaperkembanganpemahamankonsepmatematissiswakelas VII SMP N 2 JunjungSirihKabupatenSolokselamamenerapkan model pembelajaraninquirydenganpendekatanrealistic mathematic education?”.Hipotesispenelitianadalah pemahamankonsepmatematissiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajaraninquiry denganpendekatanrealistic mathematic educationlebihbaikdaripemahamankonsepmatematissiswa yang menerapkanpembelajaranbiasapadasiswakelas VII SMP N 2 JunjungSirihKabupatenSolok. Jenispenelitianini adalah penelitianeksperimen.Populasipenelitian adalah siswakelas VII SMP N 2 JunjungSirihKabupatenSolok yang terdaftarpadatahunpelajaran 2014/2015 yang terdiridariduakelas.Untukpengambilansampeldilakukandenganteknik random samplingsetelahdilakukanujinormalitas, ujihomogenitaspopulasidanujikesamaan ratarata.Siswakelas VII2dengan 20 orang terpilihsebagaikelaseksperimendansiswakelas VII1dengan 20 orang terpilihsebagaikelaskontrol.Variabelbebasdalampenelitianini adalah perlakuan yang diberikanpadakelassampelpenelitianyaitupenerapan model pembelajaraninquirydenganpendekatan RME padakelaseksperimendanpembelajaran yang menerapkanpembelajaranbiasapadakelaskontrol.Variabelterikatdalampenelitianini adalah pemahamankonsepmatematissiswa yang setelahperlakuandiberikan.Ujihipotesishasilakhirmatematikasiswadianalisisdenganme nggunakanuji t.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:57
Last Modified: 04 Nov 2024 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item View Item