Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The power Of Two dengan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 10 Padang

Fitriani, Fitriani and NINIWATI, NINIWATI and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The power Of Two dengan Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 10 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
36.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII SMPN 10 Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, dan pada saat mengerjakan latihan hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakannya sedangkan yang lain hanya menyalin jawaban teman yang sudah selesai. Oleh karena itu, salah satu strategi Pembelajaran Aktif Tipe The power Of Two dengan Scaffolding yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan Scaffolding lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 10 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan Scaffolding lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran biasa siswa kelas VII SMPN 10 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMPN 10 Padang pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara random sampling karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang dipilih VII.D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 3,49 dan = 1,669. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dengan scaffolding lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dengan scaffolding dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:21
Last Modified: 04 Nov 2024 06:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item View Item