Penerapan Pembelajaran Inovatif Teknik Gallery Walk pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas

Lucia, Cipta Agustin and Mukhni, Mukhni and Rita, Desfitri (2015) Penerapan Pembelajaran Inovatif Teknik Gallery Walk pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
37.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswakelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu peran guru lebih dominan dibanding siswa, interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa kurang terjalin dengan baik, siswa tidak terbiasa mengemukakan pendapat dan bertanya dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan penilitian dengan penerapan pembelajaran inovatif teknik Gallery Walkpada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajaranya menerapkan pembelajaran inovatif teknik Gallery Walk. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran inovatif teknik Gallery Walk lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri2 X Koto Diatas. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri2 X Koto Diatas tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak tiga kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata, dari tiga kelas dipilih dua kelas sampel. Dari dua kelas sampel kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi, terdiri dari 5 indikator aktivitas siswa yang diamati dalam penerapan pembelajaran inovatif teknik Gallery Walk. Hasil diperoleh adanya kecenderungan peningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pada kedua kelas sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:19
Last Modified: 04 Nov 2024 06:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item