Penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 4 Pariaman

Fitria, Irva and NINIWATI, NINIWATI and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 4 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
39.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 4 Pariaman, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, siswa lebih banyak mengharapkan jawaban dari teman-temannya dan dalam diskusi tidak semua siswa mau berpartisipasi serta masih sedikitnya siswa yang mengemukakan pendapat. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan penerapan metode brainstorming pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode brainstorming lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VII SMPN 4 Pariaman. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode brainstorming lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMPN 4 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 4 Pariaman tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel diambil dua kelas melalui uji scheffe karena ada beberapa kelas yang tidak mempunyai kesamaan rata-tara dan dipilih kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel, tes terdiri 6 butir soal uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,45 sedangkan t(0,95;62) = 1,669 karena thitung > t(0,95;62) maka hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:12
Last Modified: 04 Nov 2024 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item