Wulan, Putri Jaya and NINIWATI, NINIWATI and Rita, Desfitri (2015) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 34 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
40.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 34 Padang, dalam pembelajaran masih belum banyak melibatkan siswa dan siswa terlihat jenuh dan bosan dengan pembelajaran yang mereka hadapi sehingga mendorong siswa untuk melakukan tindakan lain yang tidak berhubungan dengan pembelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memahami materi yang dipelajari, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika, jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 34 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 34 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPN 34 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, gulungan pertama terambil kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan gulungan kedua terambil kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel, diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil analisis diperoleh t = 2, 6751 dan t(63;0,975)= 1,999, karena t > ttabel maka hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 34 Padang. Peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:11 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:11 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23327 |
Actions (login required)
View Item |