Penerapan Model Treffinger pada Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang

Rahayu, Febrina Sari and NINIWATI, NINIWATI and Fazri, Zuzano (2015) Penerapan Model Treffinger pada Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
41.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 12 Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan pemahaman siswa masih kurang dalam pemecahan masalah pada soal-soal penalaran, dan juga model pembelajaran yang diterapkan belum mampu mengembangkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, salah satu model yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk 1) melihat perkembangan kreativitas siswa kelas VIII SMPN 12 Padang selama diterapkan pembelajaran dengan model Treffinger dan 2) hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Treffinger lebih baik daripada hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMPN 12 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMPN 12 Padang pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara random sampling. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus untuk dua sampel independen. Dari hasil analisis diperoleh = 7,25. Berdasarkan tabel dengan = 7,25 dan = 1 diperoleh (0,001) < < (0,01) = 0,0005 < < 0,005 maka < 0,05 berarti tolak dan terima H1, maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajaran menggunakan model Treffinger lebih baik dari proporsi siswa yang ketuntasan belajar matematika menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajran Treffinger dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:04
Last Modified: 04 Nov 2024 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item View Item