Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi

Desi, Puspita Sari and Zulfa, Amrina and Edrizon, Edrizon (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
42.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 8 Bukittinggi terlihat bahwa siswa kurang aktif saat diskusi kelompok, kurangnya interaksi siswa pada saat menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru sehingga siswa menyelesaikan soalna sendiri tanpa adanya diskusi dengan kelompoknya. Ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah dipelajari, siswa tidak memanfaatkan dengan baik. Pada saat guru meminta mengerjakan latihan, hanya beberapa orang saja mengerjakan dengan sungguh. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Couse Review Horay dan diharapkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memahami materi yang diajarkan sehingga siswa mudah mengerjakan soal-soal matematika dengan senang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi?, dan apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil ii belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi. Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, maka jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikatakan cukup baik. Sedangkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf = 0,05 dan diperoleh 3,01hitung t , 2,01 t (0,975;49)  . Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 8 Bukittinggi. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:03
Last Modified: 04 Nov 2024 07:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23333

Actions (login required)

View Item View Item