Putri, Dewina and Susi, Herawati and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Tipe Problem Centered Learning dengan Menggunakan LKS dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mapat Tunggul. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
43.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi pada kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul ditemukan bahwa proses pembelajaran masih ada yang didominasi oleh guru. Hal ini terlihat dari kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar sehingga membuat proses pembelajaran menjadi pasif. Saat mengerjakan soal latihan siswa kesulitan memahami maksud dari soal baik yang ditanya maupun yang diketahui dari soal sehingga siswa kesulitan mencari solusinya. Siswa juga kurang memahami konsep-konsep yang diajarkan guru sehingga pada saat menjawab soal mereka tidak tahu rumus mana yang digunakan. Hal ini menggambarkan kurangnya keterampilan siswa dalam mengungkapkan atau menguraikan pengetahuan untuk menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka salah satu cara mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Centered Learning dengan menggunakan LKS. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Problem Centered Learning dengan menggunakan LKSlebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model Problem Centered Learningdenganmenggunakan LKSlebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanpembelajarankonvensionalpadasiswakelas VIII SMPN 1 MapatTunggul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.2 SMPN 1 Mapat Tunggul tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dipilih dari populasi yang ada dengansampling jenuh, sehingga terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:47 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23334 |
Actions (login required)
View Item |