Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbasis Kartu Domino Edukatif Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Dori, Ermawan and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbasis Kartu Domino Edukatif Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
44.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Salah satufaktorpenyebabbanyaknya nilai siswakelas VII SMP Negeri31 Padangdi bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)adalahsiswakesulitanmemahamimateridankonsep-konsep yang diajarkan guru.Olehsebabitu guru harusmampumemilih model pembelajaran yang dapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikasiswa.Salah satu model pembelajaran yang dapatdigunakanadalahmodelpembelajaranScramble berbasisKartu Domino EdukatifMatematika.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan model pembelajaranScramble berbasisKartu Domino EdukatifMatematika dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematikamenggunakanmodel pembelajaranScramble berbasisKartu Domino EdukatifMatematikalebih baik dari pemahaman konsep matematika yang menggunakan pembelajaran kurikulum2013padasiswakelasVII SMP Negeri31 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemahaman konsep matematika siswa selama proses pembelajarandenganmenerapkan model pembelajaranScramble berbasis Kartu Domino Edukatif Matematika padakelas VII SMP Negeri 31 Padang?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematikadenganmenggunakanmodel pembelajaranScramble berbasis Kartu Domino Edukatif Matematikalebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 pada siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Populasipenelitianadalahsiswa kelasVII SMP Negeri31 Padang yang terdaftarpadatahunpelajaran 2014/2015 yang terdiridarilimakelasyaitu VII1sampai VII5. Sampeldiambilsecaraacaksetelahdilakukanujinormalitas, ujihomogenitaspopulasi, ujikesamaan rata-ratadanujischeffe.Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Samplingdankelaseksperimen yang terpilihadalahkelasVII1dankelaskontrol yang terpilihadalahkelas VII2. Variabelbebasdalampenelitianiniadalahperlakuan yang diberikanpadakelassampelpenelitianyaitupenerapanmodel pembelajaranScramble berbasisKartu Domino EdukatifMatematikapadakelaseksperimendanpembelajaran yang menerapkanpembelajarankurikulum 2013padakelaskontrol.Variabelterikatdalampenelitianiniadalahpemahamankonsep matematikasiswasetelahperlakuandiberikan. Jenis data penelitianiniadalahadalah data kuantitatifdankualitatif.Sumber data penelitianiniadalahsumber data primer, yaitubersumberdarikartu domino edukatifmatematika dan tes akhir dari kelas sampel dansumber data sekunder, yaitubersumberdaritata usahaVII SMP Negeri31 Padang.Instrumen yang digunakandalam penelitian ini adalahkartu domino edukatifmatematika dan tes akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:45
Last Modified: 04 Nov 2024 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23335

Actions (login required)

View Item View Item