Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Listening Team Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Lisnawati, Lisnawati and Susi, Herawati and Khairudin, Khairudin (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Listening Team Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang merupakan akibat dari kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat ketika guru menerangkan pelajaran ada sebagian siswa mengobrol dengan temannya, berpindah-pindah tempat duduk, dan kurangnya keinginan siswa tersebut untuk mencatat pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Listening Team pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang dengan menggunakan strategi pembelajaran Listening Team lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII.2 – VIII.6 SMP Negeri 18 Padang yang terdiri dari 5 kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling atau sampling acak, terpilih kelas dengan 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas dengan 29 orang siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan strategi Listening Team pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah perlakuan diberikan. Uji hipotesis hasil akhir matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan = 0,05 , - 1 = 29 dan - 1 = 28 maka diperoleh = 4,17 dan = 1,7 pada tingkat kepercayaan 95%. Ternyata > artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dan hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 06:38
Last Modified: 04 Nov 2024 06:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item