Stevia, Aidil Azmi and Zulfa, Amrina and Fauziah, Fauziah (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran REACT dengan Belajar Aktif Tipe Listening Team Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
46.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu siswa kurang meyenangi pembelajaran matematika yang disebabkan karena pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa kurang tertarik pada pembelajaran matematika sehingga tidak adanya perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika yang menyebabkan materi yang disampaikan guru tidak terserap dengan baik. Untuk menyikapi masalah tersebut dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa, seorang guru perlu memilih strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran sehingga proses belajar mengajar tidak bersifat monoton tetapi menyenangkan, dan dalam proses pembelajaran siswa memperhatikan serta terlibat aktif sehingga siswa merasa tertarik mengikuti pelajaran yang diajarkan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah menggunakan strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dengan belajar aktif tipe Listening Team. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar matematika siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran REACT dengan belajar aktif tipe Listening Team pada siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran REACT dengan belajar aktif tipe Listening Team lebih baik dari hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 29 Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:17 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23343 |
Actions (login required)
View Item |