Hartri, Gustia Nesa and khairuddin, Khairuddin and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking disertai Kuis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
49.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang berlangsung selama ini di kelas VII SMPN 29 Padang umumnya masih berpusat pada guru dan siswa terlihat kurang aktif dalam memberikan tanggapan atau pertanyaan. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa terlihat kurang fokus dan konsentrasi saat guru menjelaskan materi, sebagian besar dari mereka sibuk dengan kegiatannya sendiri. Kondisi seperti ini menyebabkan siswa yang lain kehilangan konsentrasinya. Akibatnya siswa malas untuk mencatat materi yang telah dijelaskan guru karena tidak mengerti dengan apa yang dicatat, sehingga sebagian besar dari catatan yang dibuat siswa tidak teratur dengan baik dan kurang menarik untuk dibaca dan dipelajari kembali. Tentunya jika proses pembelajaran dilakukan dengan strategi yang baik dan tepat serta mendapat pengawasan dari guru hal ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. oleh karena itu dilakukan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking disertai kuis untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika selama menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking disertai kuis pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking disertai kuis lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang. Pertanyaan penelitian yang dikemukakan adalah bagaimana perkembangan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika selama menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking disertai kuis pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking disertai kuis lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa.pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dipilih dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dan terpilih kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang siswa dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:17 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23346 |
Actions (login required)
View Item |