Perapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Disertai Kuis Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Linggo Sari Baganti

Asda, Sri Wahyuni and Mukhni, Mukhni and Fauziah, Fauziah (2015) Perapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Disertai Kuis Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
50.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN I Linggo Sari Baganti yang disebabkan oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang melatar belakangi penelitian ini. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diberikan guru masih dalam bentuk metode ceramah disertai contoh soal dan latihan sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna dan bersifat satu arah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHTdisertai kuis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMAN I Linggo Sari Baganti yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai kuis. Pertanyaan yang dikemukakan adalah bagaimana persentase aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif NHT pada kelas X SMAN 1 Linggo Sari Baganti? Hipotesis penelitian yang dikemukakan adalah apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai kuis lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa? Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN I Linggo Sari Baganti Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas yang homogen. Sampel dipilih secara acak atau random sampling sehingga terpilih kelas X sebagai kelas eksperimen dan X sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa masing-masing sampel adalah 39 orang siswa kelas eksperimen dan 37 orang siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari kuis dan tes akhir. Pada saat melakukan analisis data baik pada aktivitas maupun hasil tes akhir diperoleh data bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada umumnya mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Dari analisis hasil kuis, diperoleh persentase siswa yang tuntas berdasarkan nilai kuis mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:10
Last Modified: 04 Nov 2024 07:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23347

Actions (login required)

View Item View Item