Listiati, Listiati and Mukhni, Mukhni and Yusri, Wahyuni (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Kabupaten Tebo. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
55.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika di kelas X SMAN 9 Kabupaten Tebo masih terpusat pada satu arah. Siswa sering mengalami kesulitan bila soal yang diberikan sedikit berbeda dengan contoh soal yang diberi oleh guru, dan siswa meniru jalan penyelesaian dari contoh soal untuk pertanyaan yang diberikan tanpa tahu konsep dasarnya terlebih dahulu. Upaya guru untuk mengatasi hal tersebut adalah membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 4-5 orang siswa, tetapi pembagian tugas dalam kelompok belum optimal. Berdasarkan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran bkonvensional di kelas X SMAN 9 Kabupaten Tebo. Hipotesis yang peneliti gunakan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 9 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 9 Kabupaten Tebo tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas yang homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 sebanyak 22 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.3 sebanyak 19 orang sebagai kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:21 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:21 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23348 |
Actions (login required)
View Item |