Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Round Robin dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang

Fauziyyah, Perisya and Fazri, Zuzano and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Round Robin dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
51.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, diantaranya siswa yang kurang aktif pada proses pembelajaran, ketika diskusi kelompok siswa yang pandai bekerja secara individu dan tidak berkomunikasi dengan anggota yang sekelompok dengannya, siswa yang aktif hanya siswa yang sama setiap kali diskusi dan ketika guru memberi soal yang berbeda dari contoh yang diterangkan guru, sebagian besar siswa tidak mampu menyelesaikan soal tersebut. Siswa hanya menerima apa yang diterangkan guru saja dan cenderung meniru langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menyelesaikan soal tanpa memahami dengan baik soal tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Kooperatif dengan teknik Round Robin dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Round Robin lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII MTsN Model Padang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Round Robin lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII MTsN Model Padang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTsN Model Padang yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:27
Last Modified: 04 Nov 2024 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item