Penerapanan Model Examples Non Examples Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 27 Padang

Oki, Valentino Putra and Lutfian, Almash and Fauziah, Fauziah (2015) Penerapanan Model Examples Non Examples Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
56.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Diantaranya disebabkan oleh sulitnya siswa untuk memahami isi materi pelajaran, Kebiasaan bersifat pasif dalam proses pembelajaran dapat mengakibatkan sebagian siswa takut dan malu bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan model Examples Non Examples dimana siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan bimbingan guru, seperti dalam hal memperhatikan materi pelajaran, bertanya, menyimpulkan materi sehingga dalam proses pembelajaran siswa aktif untuk belajar dan memahami pelajaran yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar matematika siswa setelah menerapkan model Examples Non Examples di kelas VII SMP Negeri 27 Padang dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Examples Non Examples lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMPN 27 Padang selama diterapkan model pembelajaran Examples Non Examples. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples lebih tingi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada di kelas VII SMPN 27 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:50
Last Modified: 04 Nov 2024 07:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item