Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa

Idolla, Fitri Ayu and NINIWATI, NINIWATI and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
57.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pelaksanaan pembelajaran matematika sebagian besar masih terpusat pada guru, masih adanya siswa yang kurang termotivasi untuk belajar dan siswa cenderung cepat bosan dalam belajar. Ketika guru menerangkan materi siswa terlihat sibuk dengan pekerjaannya sendiri, misalnya ada yang mengobrol dengan temannya dan ada yang sibuk sendiri menggambar di belakang buku tulis. Pada saat mengerjakan soal latihan, terlihat beberapa siswa mondar-mandir kebangku teman yang lebih pintar untuk mendapatkan jawaban dari soal yang diberikan oleh guru. Hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh. Sedangkan siswa yang lainnya ada yang mengobrol, mengerjakan pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan pelajaran, ada yang meribut dan mengganggu temannya. Saat guru menanyakan kembali kepada siswa tentang kesulitan materi yang telah diajarkan tadi, hanya siswa yang duduk dibagian depan saja yang mau bertanya dan mengeluarkan pendapat. Akibatnya, materi pelajaran tidak dapat dipahami dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa. Hipotesis yang dikemukakan adalah Proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajaran menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Practice Rehearsal Pairs lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam ii penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Balai Selasa tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.B sebagai eksperimen dan siswa kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes yang diberikan terdiri atas sepuluh butir soal. Hasil tes yang diperoleh, dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus untuk dua sampel independen. Dari hasil analisis, diperoleh = 13,63. Berdasarkan tabel dengan = 13,63 dan = 1 diperoleh < (0,02) < 0,005 maka < 0,05 berarti ditolak dan H1 diterima, maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajaran menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Practice Rehearsal Pairs lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Practice Rehearsal Pairs sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:49
Last Modified: 04 Nov 2024 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23354

Actions (login required)

View Item View Item