Penerapan Strategi Pembelajaran Mengelilingi Narasumber (Circle The Sage) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 27 Padang

Desti, Ilhami and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Mengelilingi Narasumber (Circle The Sage) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
58.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat pembelajaran matematika di kelas VII SMP N 27 Padang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu proses belajar mengajar masih didominasi oleh guru, dimana hanya sebagian siswa yang memperhatikan guru dan sebagian lainnya asyik dengan aktivitas masing-masing seperti mengobrol dengan teman sebangku. Pada saat guru menjelaskan materi, guru mencoba melakukan interaksi dengan siswa seperti tanya jawab terhadap materi yang sedang diajarkan, namun hanya beberapa dari siswa yang sering aktif untuk bertanya dan merespon pertanyaan yang diberikan guru, sedangkan siswa yang lain lebih banyak diam. Selain itu pada kegiatan mengerjakan latihan, proses tidak berjalan efektif karena masih ada dari beberapa siswa yang berjalan-jalan ke depan meja guru untuk bertanya dalam menjawab latihan dan sebagian besar siswa lainnya terlihat berjalan-jalan dari meja kemeja untuk menyalin jawaban temannya yang dianggapnya paham. Kondisi ini dikarenakan pada saat guru tanya jawab terhadap materi yang tidak dimengerti, siswa lebih banyak diam. Akibatnya, materi pelajaran tidak dapat dipahami dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran mengelilingi narasumber (circle the sage) pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP N 27 Padang. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran mengelilingi narasumber (circle the sage) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP N 27 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran mengelilingi narasumber (circle the sage) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP N 27 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:47
Last Modified: 04 Nov 2024 07:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23355

Actions (login required)

View Item View Item