Penerapan strategi pembelajar aktif tipe Bingo Review pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Padang

DINA, AZKIA and NINIWATI, NINIWATI and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan strategi pembelajar aktif tipe Bingo Review pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
59.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika di SMPN 13 Padang sebagian besar masih terpusat pada guru, dimana guru menjelaskan materi pelajaran kemudian diterapkan dalam contoh soal-soal dan latihan. Siswa menganggap mata pelajaran matematika sulit, sehingga membuat siswa menjadi malas, akibatnya pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Saat guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terhadap materi yang tidak mereka pahami hanya beberapa siswa yang berpartisipasi untuk bertanya, sedangkan siswa yang lain lebih banyak diam atau malu bertanya seolah-olah mereka sudah menguasai materi yang dijelaskan. Hal ini terlihat ketika guru memberikan soal latihan yang berbeda dengan contoh soal yang dijelaskan, siswa langsung kebingungan padahal soal tersebut sama dengan soal sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bingo Review lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 13 Padang. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bingo Review lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII7 sebagai eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf = 0,05 dan diperoleh thitung 2,98, 0,95:51t = 1,68. Karena (0,95:51) t t hitung  maka tolak Ho dan terima H1 yaitu hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Bingo Review lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:41
Last Modified: 04 Nov 2024 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item View Item