Dara, Sari Nastiti and Lutfian, Almash and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Bunda Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
60.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa, salah satunya adalah kurangnya minat dan perhatian siswa dalam pembelajaran matematika. Guru telah berusaha mengatasi permasahan yang terjadi di kelas dengan melakukan diskusi atau tanya jawab, tetapi usaha tersebut belum mampu untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Bunda Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perkembangan aktivitas belajar matematika siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal dan untuk membandingkan apakah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal pada pembelajaran matematika siswa lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Bunda Padang. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan aktivitas siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal di kelas VIII SMP Bunda Padang. Hipotesis yang diajukan Proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Bunda Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bunda Padang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebanyak 22 orang sebagai kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:39 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23357 |
Actions (login required)
View Item |