Analisis Kesalahan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padang

Rika, Sri Wahyuni and NINIWATI, NINIWATI and Fauziah, Fauziah (2015) Analisis Kesalahan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
64.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada saat mengerjakan soal matematika, siswa banyak melakukan kesalahan dan mengalami kesulitan. Selain itu nilai MID semester siswa kelas VIII SMPN 2 Padang masih banyak yang di bawah KKM. Untuk itu perlu dianalisis bentuk-bentuk kesalahan dan kesulitan siswa tersebut serta mengetahui penyebab kesalahan dan kesulitan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kesalahan- kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa kelas VIII SMPN 2 Padang, 2) Mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa kelas VIII SMPN 2 Padang, 3) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMPN 2 Padang melakukan kesalahan dan mengalami kesulitan dalam menjawab soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposive sampling dan terpilih kelas VIII.5 sebagai sampel penelitiaan. Instrumen penelitian berupa tes uraian, angket, dan wawancara kepada beberapa orang siswa dan guru matematika yang mengajar di kelas VIII.5 Hasil penelitian menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 29 siswa adalah siswa yang melakukan kesalahan konsep sebesar 41.38%, kesalahan prinsip sebesar 72.41%, dan kesalahan algoritma sebesar 86.20%. Selain itu kesulitan yang dialami siswa terdiri dari kesulitan konsep sebesar 58.63%, kesulitan prinsip sebesar 93.10%, kesulitan algoritma sebesar 86.20%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dan kesulitan adalah faktor internal meliputi aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor dan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:55
Last Modified: 05 Nov 2024 04:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23359

Actions (login required)

View Item View Item