Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Baserah Kuantan Hilir

Diana, Fitrianis and Khairudin, Khairudin and Yusri, Wahyuni (2015) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Baserah Kuantan Hilir. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
63.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 1 Baserah Kuantan Hilir adalah kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa serta kurangnya pemahaman konsep dasar matematis siswa, strategi pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi dan proses pembelajaran yang cenderung terpusat pada guru. Siswa tidak dibiasakan berdiskusi dan mengkonstruksi pemahaman konsep sehingga siswa kurang memahami konsep dengan baik, akibatnya pola belajar siswa lebih bersifat menghafal, siswa sering mengalami kesalahan saat menyelesaikan soal yang berhubungan dengan pemahaman konsep matematis. Oleh karena itu guru harus mampu memilih strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa untuk mengerjakan soal latihan dan kuis dalam belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing lebih baik dari pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama menerapkan strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing pada kelas VII SMPN 1 Baserah?”. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Probing lebih daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 1 Baserah Kuantan Hilir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:53
Last Modified: 05 Nov 2024 04:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item