Anggun, Dwi Yana Suri and Khairudin, Khairudin and Zulfa, Amrina (2015) Kajian Eksperimen Model Pembelajaran Artikulasi terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
62.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo, diantaranya pada saat proses pembelajaran berlangsung pembelajaran masih berpusat kepada guru sedangkan siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa terlihat pasif. Siswa tidak berani bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dipahaminya. Ada juga siswa yang kurang memperhatikan sewaktu guru menjelaskan pelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh 2 orang observer dan menguji apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Artikulasi lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dengan cara pengundian dari ketiga kelas. Dari hasil pengundian tersebut terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data aktivitas belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Artikulasi pada kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikatakan cukup baik. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel, diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji . Dari analisis diperoleh nilai = 2,674 dan = ii 1,6695, sehingga dapat disimpulkan > , maka hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Muara Bungo. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pembelajaran Artikulasi sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:37 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:37 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23361 |
Actions (login required)
View Item |