Yuri, Febrianti and NINIWATI, NINIWATI and Fauziah, Fauziah (2015) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
61.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Diantaranya adalah siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan kurangnya motivasi untuk belajar pada diri siswa. Saat guru menjelaskan materi, masih ada siswa yang tidak memperhatikan dan sibuk dengan kegiatannya sendiri. Pada saat guru memberikan kesempatan untuk bertanya atau memberi tanggapan terhadap materi yang telah dijelaskan, siswa masih malu dan ragu untuk bertanya atau menanggapi. Selain itu, pada tahap diskusi kelompok, terlihat tidak semua siswa yang aktif dalam berdiskusi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 31 Padang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak delapan kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa data hasil belajar kelas populasi mempunyai variansi yang homogen tetapi memiliki perbedaan rata-rata. Untuk mengetahui kelas yang mempunyai perbedaan ratarata, maka dilanjutkan dengan menggunakan uji Scheffe. Dari delapan kelas yang memiliki kesamaan rata-rata, dipilih dua kelas sampel. Untuk pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu melalui pengundian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:35 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23362 |
Actions (login required)
View Item |