Mona, Melani and Lutfian, Almash and Edrizon, Edrizon (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
70.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang berlangsung di MTsN Lubuk Buaya Padangmasih di dominasioleh guru, sementarasiswakebanyakantidakaktif. Siswaumumnyamenerimasajaapa yang disampaikan guru danketika gurumemberikankesempatanbertanya, hanyabeberapasiswasaja yang bertanya, hal inimembuat guru kesulitanuntukmengetahuiapakahsiswasudahpahamataubelummengenaimateri yang telahdisampaikan.Kurangnyapemahaman konsep matematissiswadalambelajardidugamenjadipenyebabrendahnyahasilbelajarsiswa.Unt ukmengatasipermasalahantersebut, salahsatuupaya yang dilakukandenganmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe think pair square. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperkembanganpemahaman konsep matematis siswa denganmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe think pair squaredanuntukmengetahuiapakahproporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair squarelebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang diajar dengan menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Pertanyaan yang diajukandalampenelitianiniadalahbagaimanakahperkembanganpemahaman konsep matematissiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajarankooperatiftipe think pair squaredi kelasVII MTsN Lubuk Buaya Padang.Hipotesispenelitianiniadalahproporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think ii pair square lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang diajar dengan menerapkan pembelajaran pembelajaran biasa pada kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniada lahsemuasiswakelasVII MTsN Lubuk Buaya Padangtahunpelajaran 2014/2015.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII5 sebanyak 39 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes pemahaman konsep yang terdiri dari 2 indikator pemahaman konsep. Hasil yang diperoleh adanya kecenderungan peningkatan pemahaman konsepmatematis siswa setiap pertemuannya. Data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes yang diberikan terdiri atas 11 butir soal. Hasil tes yang diperoleh, dianalisis untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus untuk dua sampel independen. Dari hasil analisis, diperoleh 2 = , dan nilai adalah < ( , ) < ( , ). Pada taraf uji = , , maka < 0,05 berarti ditolak dan H1 diterima.Hal iniberartibahwaproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikayang diajardenganmenerapkanmodel pembelajarankooperatiftipe think pair squarelebihtinggidariproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yang diajar dengan menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkanhasilpenelitian, dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa.Olehkarenaitu, penelitimenyarankan agar guru matematikadapatmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe think pair squaresebagaisalahsatuusahauntukmenjadikanpembelajaranmenjadiaktifsehinggahasi lbelajarmatematikasiswamenjadilebihbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23367 |
Actions (login required)
View Item |