Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Course Review Horay (CRH) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 29 Padang

Afrida, Yani and Fazri, Zuzano and NINIWATI, NINIWATI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Course Review Horay (CRH) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
69.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan pengalaman PLK pada kelas VII SMPN 29 Padang ditemukan bahwa dalam setiap pembelajaran umumnya siswa tidak mempersiapkan diri sebelum memulai pembelajaran, siswa kurang aktif dan acuh tak acuh dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik dan tidak menyenangkan, pembelajaran masih berpusat pada guru. Akibatnya, pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Adapun solusi yang diberikan supaya pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan adalah dengan membuat pembelajaran menarik dan menyenangkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka salah satu cara mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran aktif tipe course review horay lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe course review horay lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang.Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sampai kelas VIII9 SMPN 29 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, sehingga terpilih kelas VII7 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa tes uraian dan dilihat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:01
Last Modified: 05 Nov 2024 07:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item