Meri, Angraini and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2015) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
68.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika cendrung terpusat pada guru, tidak melibatkan siswa secara aktif. Sehingga kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Dengan saling berinteraksi siswa dapat menyampaikan hasil kerja dan gagasannya sehingga mereka dapat menemukan sendiri untuk menyelesaikan masalah (soal). Selain itu, masalah lainnya yaitu kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau masalah nyata masih rendah. Guru jarang mengaitkan materi matematika yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari atau nyata dalam pikiran siswa (masalah realistik). Guru juga jarang memberikan contoh soal maupun latihan yang berkaitan dengan masalah realistik sehingga siswa tidak terbiasa mengerjakannya. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih baik dari pembelajaran yang menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih baik dari hasil belajar matematika yang menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas yang normal homogen, dan mempunyai kesamaan rata-rata. Pengambilan sampel secara acak yaitu kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:53 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23369 |
Actions (login required)
View Item |