Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Class Concern dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Maitil, Kasri and Fazri, Zuzano and Puspa, Amelia (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Class Concern dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
71.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa terlihat proses pembelajaran masih terpusat pada guru, guru menjelaskan materi, memberikan beberapa contoh soal, dan penyelesaian. Kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, hanya saja siswa tidak berani mengungkapkan apa yang belum dipahaminya serta pada saat menyelesaikan latihan kebanyakan siswa menyalin jawaban dari siswa yang lain tanpa mengoreksi kembali jawaban tersebut. Di dalam kelas siswa juga jarang diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan temannya. Akibatnya aktivitas siswa hanya mendengar, mencatat, memperhatikan dan mengerjakan latihan dari guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Class Concern. Strategi pembelajaran aktif tipe Class Concern merupakan sebuah teknik untuk mendapatkan partisipasi siswa melalui tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar matematika siswa selama diterapkan metode Strategi pembelajaran aktif tipe Class Concern dan untuk menguji hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Strategi pembelajaran aktif tipe Class Concern lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lengayang Tahun Pelajaran 2014/2015. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar matematika siswa yang menerapakan strategi pembelajaran aktif tipe Class Concern pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Lengayang yang pembelajarannya menerapkan Strategi pembelajaran aktif tipe Class Concern lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Lengayang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Nov 2024 07:04
Last Modified: 05 Nov 2024 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23372

Actions (login required)

View Item View Item