Penerapan model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran TIK siswa kelas X SMA N 13 Padang

Ayu Zona, Mulia and Karmila, Suryani and Yusri, Wahyuni (2016) Penerapan model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar pada pembelajaran TIK siswa kelas X SMA N 13 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menguji apakah hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran generatif lebih baik dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA N 13 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak. Sehingga didapat kelas X.4 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.6 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir berupa soal essay sebanyak 10 buah soal dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen = 73,83 dan kelas kontrol = 68,87. Setelah dilakukan uji normalitas dengan signifikan kelas eksperimen = 0,225 sedangkan signifikan kelas kontrol = 0,361 maka data berdistribusi normal dan uji homogenitas terhadap kedua kelas terdapat signifikan = 0,327 maka data homogenserta dilakukan uji-t maka diperoleh Thitung = 2,415 dan T tabel = 1,67 karena Thitung > Ttabel maka terima H1. Disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif lebih baik dari hasil belajar TIK siswa dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : pembelajaran generatif, hasil belajar, penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:01
Last Modified: 11 Nov 2024 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23390

Actions (login required)

View Item View Item