Pengaruh Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar KKPI Di SMKN 1 Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Randa, Musfika and Gusmaweti, Gusmaweti and Hendra, Hidayat (2016) Pengaruh Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar KKPI Di SMKN 1 Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa KKPI yang diajar menggunakan peta pikiran di kelas XI SMK 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh peta pikiran terhadap hasil belajar KKPI pada SMK 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain The Static Group Randomized Control Group Only Design. Kelas XI TOSM 1 merupakan kelas eksperimen dan XI TOSM 2 merupakan kelas kontrol. Data hasil belajar siswa KKPI diperoleh melalui tes akhir. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa terdapat pengaruh penggunaan Mind Map terhadap hasil belajar pada mata pelajaran KKPPI di SMK 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas kontrol 69,7 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,9. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa KKPI yang belajar dengan menggunakan mind map lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan penggunaan mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran KKPI di kelas XI TOSM 1 SMK 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2015/ 2016. Kata Kunci: peta pikiran, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:54
Last Modified: 11 Nov 2024 02:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item