Pengaruh Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Siswa Kelas X di SMA PGRI 4 Padang

Ose, Dwi Amelia and Karmila, Suryani and Rini, Widyastuti (2016) Pengaruh Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Siswa Kelas X di SMA PGRI 4 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMA PGRI 4 Padang dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh aktivitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X di SMA PGRI 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian berjumlah 21 orang dan sampel berjumlah 21 orang siswa kelas X2 SMA PGRI 4 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dan melakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar yang telah peneliti buat berdasarkan RPP dari guru mata pelajaran TIK kelas X. Data ini merupakan cerminan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Sedangkan data aktivitas belajar dan motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan SPSS versi 17 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Aktivitas belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 32,95%. (2) Motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 41,20%, dan (3) dan Aktivitas belajar dan motivasi belajar berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 60,84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan aktivitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:11
Last Modified: 11 Nov 2024 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item