Motivasi Belajar dan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas VII Di SMP N 29 Padang

Delsi, Fitriati and Karmila, Suryani and Gufron, Gufron (2016) Motivasi Belajar dan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas VII Di SMP N 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa besarnya pengaruh motivasi belajardan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII di SMP N 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Penelitian ini melihat apakah motivasi belajar dan pengelolaan kelas ini berpengaruh terhadap hasil belajar. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan angket kepada kelas sampel. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling yaitu pengambilan sampel dari semua anggota populasi dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu mengumpulkan nilai ulangan siswa kelas VII, kemudian melakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata sehingga didapatkan kelas VII yang menjadi sampel berjumlah 33 orang. Data hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar yaitu nilai ulangan, data ini merupakan cerminan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Sedangkan data motivasi belajar dan pengelolaan kelas dikumpulkan melalui angket dengan menggunkan skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan SPSS versi 17 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 67,24 %(2) Pengelolaan kelas berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 3,496 %dan (3) Motivasi belajar dan pengelolaan kelas berkontribusi secara bersma-sama terhadap hasil belajar sebesar 0,61%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pengelolaan kelas berkontribusi terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 04:09
Last Modified: 11 Nov 2024 04:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23404

Actions (login required)

View Item View Item