Penerapan Model Pembelajaran Talking StickTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP PGRI 4 Padang

Ria, Melati Putri and NINIWATI, NINIWATI and Hendra, Hidayat (2016) Penerapan Model Pembelajaran Talking StickTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP PGRI 4 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaranmerupakankegiatan yang bernilaiedukatif. Nilaiedukatiftersebutmewarnaiinteraksi yang terjadiantara guru dengansiswa, siswadengansiswa, siswadengansumberbelajardalammencapaitujuanpembelajaran yang ditetapkan. Harapan yang adapadasetiap guru adalahbagaimanamateripelajaran yang disampaikankepadapesertadidikdapatdimengertidandipahamisecaratuntas. Dalamhalinipenerapan model pembelajarantalking stickmempunyaipeluanguntukmengatasihaltersebut. Guru dapatmemberimateripelajarandenganmudahdanmampudipelajariolehsiswasecaram andirisehinggadapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswaitusendiri. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarTeknologiInformasidanKomun ikasi (TIK)siswa yangdiajarmenggunakan model pembelajarantalking stickdanhasilbelajar TIKsiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalpadasiswakelas VIII SMP PGRI 4 Padang.Jenispenelitian yang dilakukanadalahpenelitaneksperimendenganrancanganrandomized control group posttest only design. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VIII SMP PGRI 4 Padang Tahunajaran 2015/2016 yang terdiridari 2 kelas.Pengambilankelassampeldilakukandengantekniktotal sampling.Teknikanalisa data initerdiridariujinormalitas, ujihomogenitasdanuji ttest. Data hasilbelajarTIKsiswadiperolehmelaluitesakhir. Dari data hasilpenelitianinimenunjukanbahwahasilbelajar TIK siswasetelahmenggunakan model pembelajarantalking stick lebihbaikdaripadahasilbelajarsiswa yang menggunakanpembelajarankonvensional. Hal inidapatterlihatdarinilai rata-rata kelaseksperimen81,62dan 75,44padakelaskontrol. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajar TIK siswa yang pembelajarannyamenggunakan model pembelajarantalking sticklebihbaikdibandingkandenganhasilbelajar TIK siswa yang menggunakanpembelajarankonvensional. Kata Kunci :PembelajaranTalking Stick, Eksperimen, HasilBelajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:26
Last Modified: 11 Nov 2024 06:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item