Ria, Melati Putri and NINIWATI, NINIWATI and Hendra, Hidayat (2016) Penerapan Model Pembelajaran Talking StickTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP PGRI 4 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
| 
              
Text
 21.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          
Abstract
Proses pembelajaranmerupakankegiatan yang bernilaiedukatif. Nilaiedukatiftersebutmewarnaiinteraksi yang terjadiantara guru dengansiswa, siswadengansiswa, siswadengansumberbelajardalammencapaitujuanpembelajaran yang ditetapkan. Harapan yang adapadasetiap guru adalahbagaimanamateripelajaran yang disampaikankepadapesertadidikdapatdimengertidandipahamisecaratuntas. Dalamhalinipenerapan model pembelajarantalking stickmempunyaipeluanguntukmengatasihaltersebut. Guru dapatmemberimateripelajarandenganmudahdanmampudipelajariolehsiswasecaram andirisehinggadapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswaitusendiri. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarTeknologiInformasidanKomun ikasi (TIK)siswa yangdiajarmenggunakan model pembelajarantalking stickdanhasilbelajar TIKsiswa yang menggunakanpembelajarankonvensionalpadasiswakelas VIII SMP PGRI 4 Padang.Jenispenelitian yang dilakukanadalahpenelitaneksperimendenganrancanganrandomized control group posttest only design. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VIII SMP PGRI 4 Padang Tahunajaran 2015/2016 yang terdiridari 2 kelas.Pengambilankelassampeldilakukandengantekniktotal sampling.Teknikanalisa data initerdiridariujinormalitas, ujihomogenitasdanuji ttest. Data hasilbelajarTIKsiswadiperolehmelaluitesakhir. Dari data hasilpenelitianinimenunjukanbahwahasilbelajar TIK siswasetelahmenggunakan model pembelajarantalking stick lebihbaikdaripadahasilbelajarsiswa yang menggunakanpembelajarankonvensional. Hal inidapatterlihatdarinilai rata-rata kelaseksperimen81,62dan 75,44padakelaskontrol. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwahasilbelajar TIK siswa yang pembelajarannyamenggunakan model pembelajarantalking sticklebihbaikdibandingkandenganhasilbelajar TIK siswa yang menggunakanpembelajarankonvensional. Kata Kunci :PembelajaranTalking Stick, Eksperimen, HasilBelajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer | 
| Depositing User: | Erlya Wahyuni | 
| Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:26 | 
| Last Modified: | 11 Nov 2024 06:26 | 
| URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23405 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        