Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Tiga Dimensi Menggunakan 3ds Max pada Materi Topologi Jaringan

Vahelga, Resdia and Rita, Desfitri and Ashabul, Khairi (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Tiga Dimensi Menggunakan 3ds Max pada Materi Topologi Jaringan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
22.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi tiga dimensi menggunakan 3DS MAX 2010 pada materi topologi jaringan, yang praktis untuk pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini melihat apakah media pembelajaran berbasis animasi tiga dimensi yang dirancang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang terdiri dari : Analisis kebutuhan, Perancangan desain, Validasi produk, Revisi produk, dan Ujicoba produk. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang validator, dan untuk uji coba praktilitas dilakukan 20 orang siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang, kemudian angket diuji coba SPSS dan dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Animasi tiga Dimensi menggunakan 3Ds MAX yang valid oleh validator, dan juga sudah dinyatakan praktis oleh siswa dari segi kemanfaatan pembelajaran 82,9%, bahasa 86,25%, kebergunaan 83%, kualitas teknis media 83,70% dengan rata-rata nilai 83,9%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi tiga dimensi telah valid dan praktis. Dapat dikembangkan serta digunakan pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci : Media, Animasi, Tiga Dimensi, Topologi Jaringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:24
Last Modified: 11 Nov 2024 06:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23406

Actions (login required)

View Item View Item