Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran TIK pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Batang Anai

Jusviani, Jusviani and NINIWATI, NINIWATI and Ashabul, Khairi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran TIK pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Batang Anai. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
25.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Batang Anaimasih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), ini dikarenakan tingkat kreativitas siswa melalui kemampuan berfikir kreatif antara lain terlihat kurang aktif dalam mengungkapkan pendapat, belum banyak mengungkapkan saran atau pertanyaan, kurang mampu menjelaskan permasalahan secara terperinci, kurang mampu menjawab pertanyaan ketika ditanya oleh guru. Oleh karena itu, salah satu modelpembelajaran Project Based Learningyang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk melihat hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran project based learning lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMAN 1 Batang Anai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Project Based Learninglebih baik dari pada menggunakan pembelajaran biasasiswa kelas XI SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI SMAN 1 Batang Anai tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari empatkelasyang homogen. Pengambilan sampel secara random sampling karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang dipilih XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar TIK siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 2,31 dan = 1,67. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan modelpembelajaranProject Based Learning lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini penelitimenyarankan agar guru TIK dapat menerapkanmodelpembelajaranProject Based Learning dalam pembelajaran TIK sebagai salahsatuusahauntukmenjadikanpembelajaranmenjadilebihaktifdandapatmenjadik anhasilbelajarsiswamenjadilebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:17
Last Modified: 11 Nov 2024 06:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item View Item