Penerapan Metode Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Drill And Pratice Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Kelas VII SM P Kartika 1-6 Padang

Rahmat, Ramadhan and Azrita, Azrita and Rita, Desfitri (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Drill And Pratice Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Kelas VII SM P Kartika 1-6 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
35.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Drill And Pratice terhadap hasil belajar TIK kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 145 orang siswa. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random sehingga terpilih kelas eksperimen adalah kelas VII.4 dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas kontrol VII.3 dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes berbentuk objektif untuk mengetahui hasil belajar aspek kognitif yang terlebih dahulu dilakukan uji coba tes dalam menentukan soal tes yang valid untuk digunakan pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 77,13 dan kelas kontrol 69,31. Secara uji statistik pada taraf nyata α = 0,05 maka harga t hitung > t tabel (2.248>1,667) dan dapat disimpulkan Hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diberi perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran Drill And pratice pada kelas SMP Kartika 1-6 Padang. Untuk itu disarankan kepada guru agar dapat menerapkan metode pembelajaran Drill And Pratice dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk mencapai tujuan belajar dan meningkatkan hasil belajar di SMP Kartika 1-6 Padang. Kata Kunci : Metode pembelajaran Drill And Pratice, hasil belajar dan eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:28
Last Modified: 11 Nov 2024 07:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23418

Actions (login required)

View Item View Item