Penerapan Model Konstruktivisme pada Pembelajan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas XI SMA PGRI 1 Padang

Mazuza, Yowan Dane and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2016) Penerapan Model Konstruktivisme pada Pembelajan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
36.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar TIK siswa rendah pada kognitif di kelas XI SMA PGRI 1 Padang dari pengamatan yang telah dilakukan maka peneliti berkeinginan meningkatkan hasil belajar TIK dengan menggunakan metode konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan metode pembelajaran kontruktivisme dengan pembelajaran biasa / konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana terdapat dua kelas diteliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay dengan soal 10 buah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Padang pelajaran 2015/2016. Penelitian ini sebanyak 56 orang siswa yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang sedangkan kelas eksperimen kelas XI IPS 4 sebanyak 28 siswa yang telah diuji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Dalam kelas eksperimen menggunakan model konstruktivisme sedangkan kelas kontrol menggunakan model pemebelajran konvensional. Persentase jumlah siswa yang tuntas pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 78,5% pada kelas eksperimen dan 75% pada kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran konstruktivisme, mempunyai pengaruh berarti terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Berdasarkan hasil uji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat T tabel = 1,672 dan T hitung = 2,711, jadi T hitung > T tabel maka H0 ditolak, ini berarti uji hipotesis uji t adalah H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dengan menggunakan model konstruktivisme dengan siswa yang diajarkan dengan model konvensional di kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Kata Kunci : Model Konstruktivisme, Hasil Belajar, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:33
Last Modified: 11 Nov 2024 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item View Item