Sihombing, Rini Suryani and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2016) Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction) dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP N 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
49.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII di SMP Negeri 27 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 27 Padang pada siswa kelas VIII menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VIII8 sejumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sejumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif dan lembar unjuk kerja ranah psikomotor. Tes ranah kognitif terdiri dari 10 butir soal uraian, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 81,25 dan kelas kontrol adalah 74,25. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-independent diperoleh thitung 3,704 > ttabel 1,671 maka Ho ditolak. Karena Ho ditolak maka diperoleh bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan model pembelajaran ARIAS lebih baik dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Hasil penilaian unjuk kerja ranah psikomotor pada kedua kelas sampel yakni kelas eksperimen 91,29% (Predikat “Sangat Baik”) dan kelas kontrol 87% (Predikat “Baik”). Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar TIK bagi siswa kelas VIII melalui penerapan model pembelajaran ARIAS dibuktikan dengan uji hipotesis gain (Independent Samples Test) diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0,005 < (Sig) 0,05. Kata kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Indeks Gain, TIK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:26 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23436 |
Actions (login required)
View Item |