Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi siswa kelas VII SMP N 27 Padang

Rizki, Wandira and Khairudin, Khairudin and Riska, Amelia (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi siswa kelas VII SMP N 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
50.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi. Universitas Bung Hatta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII SMP N 27 Padang, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata TIK dikelas VII SMP N 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP N 27 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan siswa kelas VII.6 sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks memiliki rata-rata nilai 78,81 yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan nilai 74,64. Dari hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 1,883 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks lebih baik dari pada menerapkan model pembelajaran konvensional. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dibuktikan dengan uji independent samples test yaitu nilai gain diperoleh 0,041<0,05. Kata Kunci: Model Pembelajaran Pair Check,Eksperimen, Hasil Belajar, Indeks Gain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:28
Last Modified: 12 Nov 2024 03:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item View Item