Penerapan Model PembelajaranGroup Investigation Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Kelas VII SMPN 2 Padang

Hayatun, Mardia and Khairudin, Khairudin and Riska, Amelia (2016) Penerapan Model PembelajaranGroup Investigation Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Kelas VII SMPN 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
57.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar pada ranah kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen (Control Group Pretest-Postest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Padang yang berjumlah delapan kelas, dan sampelnya adalah siswa kelas VII.1 dan kelas VII.4 yang masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes yang berbentuk esay dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai posttest, dengan kriteria α=0,05 diperoleh Sig (2- tailed) = 0,075 : 2 = 0,0375 < 0,05. Sehinga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis Deskripsi Indek Gain dari pretest-posttest didapat rata-rata skor gain kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,4516 dan 0,3228 dapat diinterprestasikan gain kelas eksperimen dan kelas kontrol masuk kriteria sedang. Dari hasil perhitungan uji t didapat nilai Sig. (2-tailed) skor gain = 0,108 : 2 = 0,054 >0,05. Dari analisis gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Kata Kunci :Model Group Investigation, TIK dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:43
Last Modified: 12 Nov 2024 03:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23443

Actions (login required)

View Item View Item