Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Wahyudi, Illahi and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2016) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
73.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya lebih baik dari pada pembelajaran biasa. Setelah peneliti melakukan observasi di SMK pada jurusan TKJ, ditemukan beberapa permasalahan diantaranya proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional, dimana guru lebih banyak mendiktekan materi pelajaran pada siswa. Dengan metode pembelajaran konvensional tersebut membuat semangat serta keaktifan siswa menjadi berkurang. Cara belajar seperti ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 padang tahun ajaran 2015/2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa TKJ di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya lebih baik dari pembelajaran konvensional yang sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode Eksperimen (Experimental Research). Populasi dari penelitian ini adalah semua kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Padang yang terdiri dari tiga kelas, pengambilan sampel secara Random Sampling, karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal, dan bervariansi homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka peneliti memilih kelas X TKJ 1B sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 1A sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata – rata pada taraf kepercayaan α = 0,05 Dari tabel kedua diperoleh nilai T jika variansi sama adalah 2,0 maka dibandingkan dengan T tabel . karena uji satu pihak maka T hitung berada di daerah penolakan . maka tolak h1 . Jika menggunakan Prob (Sign) maka harus dibagi 2 , yaitu 0,08 / 2 = 0,04 lebih kecil dari 0,05.maka h1 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran biasa pada pembelajaran siswa kelas X SMKN 1 Muhammadiyah padang. Kata Kunci : Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya , Model konvensional, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:50
Last Modified: 13 Nov 2024 01:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23460

Actions (login required)

View Item View Item