Penerapan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran TIK pada SiswaKelas VIII SMPN 27 Padang

Muslim, Jamil and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2016) Penerapan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran TIK pada SiswaKelas VIII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
76.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahhasilbelajarsiswa yang pembelajaranmenggunakanCooperative Scriptlebihbaikdarihasilpembelajaranbiasa. Maka rumusan masalah terhadap penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang pembelajaran Cooperative Scriptlebih baik dari pembelajaran konvensional. Siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru saat proses pembelajaran, seperti mendengar penjelasan guru, kemudian menyalin catatan yang diberikan oleh guru. Pasifnya siswa dalam proses pembelajaran disebabkan oleh tidak mau bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami, dan pada saat guru menjelaskan materi tidak terjadi umpan balik dari siswa (interaksi antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa tidak berlangsung dengan baik), sehingga siswa tidak memahami materi, cara belajar seperti ini,mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Eksperimen (Experimental Research). Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan Cooperative Tipe Script lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajaran menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMPN 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VIII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri 5 kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, terpilih kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata – rata pada taraf kepercayaan α = 0,05 . Dari tabelkeduadiperolehnilai T jikavariansisamaadalah 1,7 makadibandingkandengan T tabel . karenaujisatupihakmaka T hitungberada di daerahpenolakan . makatolak h1 . JikamenggunakanProb (Sign) makaharusdibagi2 ,yaitu 0,89/ =0,042 lebihkecildari 0,05. maka h1ditolak. Berdasarkanhasilujinormalitas, ujihomogen, ujikesamaan rata-rata danujihipotesisbahwahasilbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajarancooperative tipe scriptlebihbaikdarihasilbelajardenganmenggunakanpembelajaranbiasa. Kata Kunci : Model Cooperative Tipe Script ,Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:05
Last Modified: 13 Nov 2024 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item