Meta, Gusliani and Khairudin, Khairudin and ERIL, SYAHMAIDI (2015) Kontribusi Kebiasaan Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
70.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi yang diberikan oleh kebiasaan belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XI IPS SMA N 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Jumlah populasi penelitian ini adalah 112 orang dan sampel berjumlah 29 orang siswa. Pada pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas, uji homogen dan uji kesamaan rata-rata. Data hasil belajar siswa didapatkan dari guru mata pelajaran teknik informasi dan komunikasi dan data kontribusi kebiasaan belajar dan konsep diri didapatkan dari penyebaran angket dengan menggunakan skala likert yang sebelumnya telah diuji validitas dan reabilitasnya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode statistic dengan bantuan software SPSS versi 15. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut : (1) kontribusi kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 18,49%. (2) kontribusi konsep diri terhadap hasil belajar sebesar 48,58%. (3) kontribusi kebiasaan belajar dan konsep diri secara bersama-sama sebesar 52,71%. Jadi dapat ditarik kesimpulan apabila seorang siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik dan konsep diri yang positif akan sangat mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Kata kunci : Kebiasaan Belajar, Konsep Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:39 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:39 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23474 |
Actions (login required)
View Item |